Friday, October 14, 2005

Tiga Tipe Mahasiswa (Yang Mana Tipemu?)

Oke, berikut ini adalah tiga tipe mahasiswa beserta uraian mengenainya berdasarkan observasi yang kulakukan sendiri dan dari cerita teman-teman dari universitas-universitas lain mengenai orang-orang disekitarnya. Kalau kamu merasa sudah disebut, jangan lupa buat komentar ya... Perlu dicatat bahwa tak ada patokan khusus dalam observasiku ini.

1. Activist
Mereka adalah mahasiswa yang membuka hatinya untuk masyarakat diluar kampus. Mereka rela absen dari perkuliahan untuk berdemonstrasi. Kaum aktivis umumnya tidak peduli isu fashion dan mereka selalu tampil apa adanya bahkan (maaf) hampir mirip gembel, namun sangat keren dan berwibawa. Mereka sering berkumpul di kantin untuk membahas berbagai isu yag sedang berkembang. Solidaritas mereka sangat tinggi dalam banyak hal dan punya jiwa oposisi yang kuat terhadap kemapanan diatas mereka (punk spirit). Selain itu kebanyakan mereka adalah anak-anak orang berduit.

2. Study-Oriented
Inilah kaum akademis yang paling getol nongkrong di perpustakaan. Tujuan mereka kuliah hanya dua; IP diatas 3.0 dan wisuda secepatnya. Kadang-kadang kaum ini terlihat sangat eksklusif, meskipun banyak juga yang suka berbaur dengan mahasiswa lainnya. Biasanya mereka adalah anak sulung dari keluarga sehingga mereka sangat bernafsu untuk secepatnya masuk dunia kerja. Umumnya mereka juga tidak peduli isu fashion dan penampilan mereka terlalu ortodoks. Tetapi mereka juga suka belanja jeans, jam tangan, dan aksesoris lain yang tidak terlalu blink-blink. Kesalahan terbesar kaum ini adalah suka merekayasa apapun untuk memenangkan hal yang dianggapnya miliknya dan jarang berbuat untuk masyarakat. Bahaya tuh kalau sudah masuk ke masyarakat.

3. Hedonist
Kuliah bagi mahasiswa mahasiswa seperti ini adalah "menKULI ayAH". Pikiran mereka bertumpu pada fashion, uang, ponsel baru, mobil, motor, pesta, dsb. Kebanyakan mereka tidak peduli dengan kuliahnya karena kampus hanya dijadikan catwalk. Mereka rela melakukan banyak hal untuk memenuhi kebutuhan hedonisnya, termasuk menjadi ayam kampus atau simpanan tante-tante girang. Banyak dari mereka adalah masyarakat kelas bawah yang ingin hidup senang, namun tak sedikit dari mereka juga mahasiswa jetset yang ingin "sekadar having fun".

Jadi, yang mana tipemu? Aku? Mahasiswa study-oriented yang berencana menjadi aktivis.

1 comment:

nie said...

waduh... aku koq ga masuk ke semua type yg ada yah?! hehehehehe...
oh si ele kristen toh... kita sama donk :D